TUGAS
MATA KULIAH
RANGKUMAN
PEMBIMBING
NENY
FIDAYANTI , ST , M.si
![Lambang Unpar..jpg](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.jpg)
NAMA :
TESHA EGEEDEA
NIM :
BCA 114 286
RUANG :
I.5 ( E )
JURUSAN :
AKUNTANSI
FAKULTAS
EKONOMI
KEMENTRIAN PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS
PALANGKARAYA
BAB 1
ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA
A . Pendahuluan
Mahluk
hidup berasal dari benda mati yang bertransformasi menjadi ribuan spesies yang
ada sekarang.
|
Silsilah manusia berasal dari
kera yang dinamakan Proconsul yang
hidup 15-20 juta tahun lalu,kemudian kera ini berkembang menjadi Ramapithecus yang hidup sekitar 4 juta tahun yang lalu,selanjutnya menjadi Australopithecus yang akhirnya
berkembang menjadi Homo Sapiens .
![]() |
B . Hakekat Manusia dan Sifat Keingintahuannya
Dalam menemukan
pengetahuan,manusia melakukan pendekatan non ilmiah yang disebut “pseudoscience
“ Pendekatan lewat wahyu yang
diterima melalui RasulNya,dan pendekatan ilmiah.Upaya
yang sifatnya non ilmiah untuk mendapatkan kebenaran menurut pandangan
Randall,Buchler dan Titus (Arlinna,1985) yaitu,antara lain akal sehat (commonsense) yang di peroleh lewat pengalaman secara
tidak sengaja dan bersifat kebetulan sebagai akibat kebiasaan-kebiasaan dari
pengulangan ; apriori (praduga)
diperoleh dengan mengadakan pemikiran logika yang belum di kaji secara empirik
; intuisi pengetahuan yang di
peroleh seolah-olah muncul begitu saja dan tidak pernah dapat di ketahui proses
pengolahannya ; Prasangka merupakan
kebenaran yang di peroleh dengan melakukan generalisasi atas pengetahuan yang
dimiliki tanpa didukung fakta ; Coba-coba
dilakukan tanpa ada kepastian akan hasil yang diperolehnya dan yang
terakhir di peroleh melalui pendapat
tokoh yang berpengaruh yang memiliki otoritas dalam bidang tertentu yang
ditokohkan sebagai ahli ilmiah yang di perolehnya .
Aliran pemikiran yang mengembangkan
pengetahuan berdasarkan logika/deduksi disebut rasionalisme,sedangkan aliran filsafat yang mengandalkan hasil
pengamatan dan percobaan berdasarkan induksi yang disebut empirisme .
C . Perkembangan Fisik Tubuh Manusia
Terbentuknya manusia berawal dari
pertemuan telur (ovum) yang berukuran
0,13 mm – 0,14 mm dengan spermatozoa yang
panjangnya rata-rata 0,055 mm menjadi embrio
terus berkembangan menjadi fetus,sesudah
berumur 9 bulan di dalam kandungan,akan dilahirkan.
D . Perkembangan Sifat dan Pikiran Manusia
Perkembangan sifat dan lam pikiran manusia
secara kronologis yakni masa bayi (0-2 tahun),kanak-kanak (2-7 tahun),masa
remaja (7-11 tahun) dan masa dewasa (11 tahun ke atas ) .
Menurut Piaget
(Dahar 1991) menyatakan bahwa setiap individu mengalami tingkat- tingkat perkembangan intelektual,sbb :
1 . Sensorimotor
( 0-2 tahun) .
2 .
Pra-operasional ( 2-7 tahun ) .
3 .
Tingkat Operasional Konkret (7-11 tahun ) .
4 .
Tingkat Operasi Formal (11 tahun ke atas) dapat menggunakan operasi konkret .
E . Sejarah Pengetahuan Yang Di Peroleh Manusia
Apabila dicermati sejarah pengetahuan yang
diperoleh manusia untuk mencari kebenaran hingga lahir ilmu pengetahuan,ini
terjadi karena ketidakpuasan para ilmuan terhadap penemuan kebenaran oleh para
filosof yang umumnya berdasarkan pemikiran logika dan bahan spekulasi.Hasil
pemikiran mereka merupakan tantangan bagi para ilmuwan selanjutnya,yang
menemukan kebenaran lebih mementingkan empiris .
Ilmu pada dasarnya
ada 2 cabang utama,yaitu filsafat alam
yang kemudian menjadi rumpun ilmu-ilmu alam (natural social) dan filsafat
moral yang berkembang menjadi cabang-cabang ilmu-ilmu sosial (social science) .
Selanjutnya
ilmu-ilmu alam terbagi menjadi 2 kelompok yakni ilmu alam (physical science) dan ilmu hayat (biological science).Sedangkan ilmu-ilmu sosial yang mula-mula
berkembang adalah antropologi,psikologi,ekonomi,sosiologi dan ilmu politik.
Cabang-cabang ilmu
alam maupun ilmu politik samapai saat ini diperkirakan 650 cabang keilmuan .
BAB 2
PERKEMBANGAN DAN PENGEMBANGAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM
A .
Metode Ilmiah Sebagai Dasar IPA
Dari berbagai macam cara yang telah digunakan untuk memperoleh
kebenaran pengetahuan sepanjang sejarah,dapat dikelompokkan menjadi 2,yaitu :
1 . Cara Tradisional atau Non Ilmiah
Di gunakan sebelum ditemukannya
metode ilmiah atau penemuan secara sistematik dan logis.Cara-cara penemuan
pengetahuan pada periode ini antara lain,meliputi :
a )
. Cara Coba-Salah ( Trial and Error
),menggunakan
kemungkinan dalam memecahkan masalah,dan apabila kemungkinan tersebut tidak
berhasil,di coba kemungkinan lainnya.
b ) . Cara Kekuasaan atau Otoritas,kebenaran
yang mutlak dan harus diterima leh masyarakat atau rakyatnya.
c ) . Berdasarkan Pengalaman Pribadi,merupakan suatu cara untuk
memperoleh kebenaran pengetahuan.
d ) . Melalui Jalan Fikiran,menggunakan penalarannya
dalam memperoleh pengetahuannya.
2 . Cara Modern atau
Secara Ilmiah,
Cara baru atau modern untuk
memperoleh pengetahuan pada dewasa ini lebih sistematis,logis dan ilmiah ( Metode Ilmiah ).Cara ini dikembangkan
oleh Francis Bacon ( 1561 – 1626 )
seorang tookoh yang mengembangkan metode berfikir induktif.
3 . Metode Ilmiah dan
Operasionalnya
Upaya memecahkan masalah melalui berfikir
rasional dan berfikir empiris.Metode Ilmiah pada dasarnya menggabungkan
berfikir rasional dengan berfikir empiris,artinya pernyataan yang dirumuskan di
suatu pihak dapat diterima oleh akal sehat dan dipihak lain dapat dibuktikan
melalui data dan fakta secara empiris.
Operasionalisasi Metode
Ilmiah,yaitu :
1 . merumuskan masalah,
2 . mengajukan hipotesis dan
jawaban sementara terhadap masalah,
3 . mengumpulkan data dan informasi
untuk menjawab masalah,
4 .
menguji hipotesis,
5 .
menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengujian hipotesis.
B . Perkembangan
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image007.gif)
Lambat
Sedang
Cepat
Sangat Cepat
-Pseudo -Awal IPA -Revolusi Industri -IPA Modern
-Science -Sekarang -Penemuan Mesin -Alat Riset Canggih
-Mitos -Heliosentris -Modern:mesin uap -Telaah Mikroskopi
-Logika -Liberalisme -kertas,cetak -Penemuan Anomal
-Penemuan Alat
Bantu -Penemuan Alat Bantu -Teori Sebelumnya
Lebih Baik
-Konsep Baru ( Modern )
-Sifat : -Analisis Tinggi
-Abstraksi Dalam
Diagram
Periode Perkembangan IPA
C .
Ruang Lingkup IPA dan Perkembangannya
Inti dari perkembangan ilmu
adalah penelitian yang di dukung oleh landasn-landasan ilmu yang paling rendah
berupa hipotesis,teori dan dalil atau hukum merupakan landasan yang sudah
teruji kebenarannya.
Perkembangan ilmu pengetahuan dimulai
dengan tanpa perbedaan,dilanjutkan menjadi IPA,IPS dan Budaya.Matematika
sebagai salah satu bidang ilmu tidak termasuk dalam kategori pengembangan ilmu
tersebut.Kedudukan Matematika merupakan penunjang pengembangan semua disiplin
ilmu.Perkembangan yang semakin pesat menyebabkan IPA dipecah menjadi Sains
Hayati ( Biologi ) dan Sains Fisik ( Fisika dan Kimia ) yang selanjutnya
diklasifikasikan menjadi berbagai disiplin ilmu,mulai abad ke-20 menyebabkan
klasifikasi ilmu berkembang ke arah disiplin ilmu yang lebih spesifik.
Perkembangan tersebut adalah :
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.gif)
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.gif)
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.gif)
Pengembangan aplikasi IPA merupakan dasar
terbentuknya teknologi dan industri yang secara tidak langsung mempengaruhi
pola sosial manusia.
BAB 3
BUMI DALAM ALAM SEMESTA
A . Pembentukan
Alam Semesta dan Tata Surya
Ilmu astronomi ( perbintangan ) dengan dibantu ilmu optik modern
telah berhasil menjelajah alam semesta sampai milyaran tahun cahaya
jauhnya,menemukan milyaran gugus-gugus bima sakti ( galaksi ),lubang hitam (
black holes )dan bagaimana evolusi bintang-bintang.
1
. Pengertian Alam Semesta
Alam
semesta adalah benda-benda langit yang tak terhitung jumlahnya mulai dari
meteor,planet,komet,asteroid,nebula atau kabut antar bintang dan
bermilyar-milyar bintang yang berkelompok karena pengaruh tarikan gaya berat
antar mereka dalam suatu sistem galaksi.
2
. Teori Tentang Lahirnya Alam Semesta
a ) . Teori Keadaan Tetap ( Steady-state
theory ) .
b ) . Teori Ledakan Besar ( big-bang theory ) .
3
. Beberapa Teori Tentang Asal Mula Tata Surya
a ) . Teori Nebular .
b ) . Teori Planetisimal .
c ) . Teori Tidal .
d ) . Teori Awan Debu .
4 .
Pola Tata Surya ( adanya
suatu organisasi yang teratue pada sistem matahari )
a ) . Planet Dalam ( inner
planets ),Merkurius,Venus,Bumi dan Mars .
b ) . Planet Luar ( outer planets
),Yupiter,Saturnus,Uranus,Neptunus .
B . Bumi Sebagai Planet
Bumi mengorbit matahari dalam lintasan berbentuk elips ( Hukum
Keppler I ),pada jarak rata-rata kurang lebih 150 juta km ( 93 juta mil
).Karena lintasannya berbentuk elips ini maka jarak matahari-bumi selalu
berubah.Jarak matahari-bumi yang terdekat ( perihelion
) terjadi pada tanggal 4 januari,dengan jarak 91,5 juta mil dan jarak
matahari-bumi tang terjauh ( aphelion
) terjadi pada tanggal 5 juli,dengan jarak 94,5 juta mil,berarti perubahan
matahari-bumi dalam 1 tahun adalah sekitar 3 juta mil.Jarak rata-rata dari
pusat matahari ke pusat bumi disebut 1 AU ( Astronomical
Unit/Satuan jarak Astronomi=150 juta km ) .
C . Struktur Bumi
Bumi memiliki beberapa lapisan,sebagai berikut :
1 . Inti Bumi ( Barisfer / Centrosfer )
a ) . Selimut ( matel ) : Litosfer,Astenofer,dan Mesosfer .
b ) . Kerak Bumi : Batuan Beku,Batuan Sendimeb ( endapan ) dan batuan metafor
( malihan ) .
c ) . Lapisan Air (
Hidrosfer ) : Hydro = air,sphaira = nulatan .
d ) .Lapisan Udara (
Atmosfer ) : Troposfer,Stratosfer,Mesosfer,dan Termosfer .
D . Pembentukan Benua dan Samudra
Benua merupakan bagian bumi yang tidak tertutup oleh perairan.
Di Bumi ada 6 lempeng utama,yaitu :
v Lempeng
Amerika
v Lempeng
Afrika
v Lempeng
Eurasia
v Lempeng
Indo-Australia
v Lempeng
Pasifik
v Lempeng
Antartika
Lempengan-lempengan
ini setiap saat mengalami gerakan ( horizontal maupun vertikal ) untuk mencari
keseimbangn baru.Baik bergerak saling menjauh,saling berdekat,maupun saling
bergesekan.
BAB 4
KEANEKARAGAMAN MAHLUK HIDUP
DAN PERSEBARANNYA
A .
Biosfer dan Mahluk Hidup
Biosfer adalah lapisan
kehidupan di bumi tempat dimana mahluk hidup tinggal dan melangsungkan kegiatan
hidupnya.Biosfer meliputu 3 lapisan,yaitu Litosfer,Hidrosfer,dan Atmosfer.
Ekosistem sendiri merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai
komponen ( sub sistem ) berupa komponen abiotik dan biosistem yang saling kait
mengait,sehingga gangguan terhadap salah satu komponen dapat mengganggu
ekosistem secara keseluruhan dan mengganggu biosfer.
B . Asal
Mula Kehidupan di Bumi
1 . Teori Cosmozoa,Mahluk
Hidup datang di bumi dari bagian lain alam semesta ini .
2 . Teori Pfsuger,Bumi
berasal dari suatu materi yang sangat panas sekali .
3 . Teori Moore,Bumi
mengalami pendinginan melalui suatu proses yang kompleks .
4 . Teori Allen,Terjadi
reaksi dari sinar matahari diserap oleh zat besi yang lembab .
5 . Teori Transedental
atau Ciptaan,MH diciptakan oleh super nature atau Tuhan YME .
6 . Teori Abiogenesis
atau Generatio Spontanea,MH terjadi secara spontan .
7 . Fransisco Redi ( 1626-1697 ) ,
8 . Lazzaro Spallanzani
( 1729-1799 ) .
9 . Teori
Biogenesis,Louis Pasteur ( 1822-1895 ) .
10. Harlod Urey ( 1893
) .
11 . A.I Oparin ( 1924
) .
12 . Stanley L.Miller
(1953 ) .
C .
Keanekaragaman Mahluk Hidup
Keanekaragaman hayati
adalah,keseluruhan keanekaragaman genetik,spesies dan ekosistem dalam suatu
wilayah .Bagian hakiki dari keanekaragaman dan tidak tergantung pada sifat
spesies yang bersangkutan,manfaat tertentu dari spesies tersebut dan kepada
perannya dalam keseimbangan ekosistem global .
D .
Persebaran Mahluk Hidup
Faktor-faktor yang
mempengaruhi persebaran mahluk hidup antara lain adalah pergeseran
benua,lingkungan hidup/habitat,lintang/letak geografis dan iklim .
E .
Sejarah Perkembangan Manusia
Ahli Antropologi membagi
manusia Homo Sapien atau Subspecies atau Ras,yaitu :
1 . Ras Kaukasoid,mendiami Benua
eropa,sebagian besar di Asia dan Afrika .
2 . Ras Mongoloid,Mensiami Benua Asia
bagian Timur,Tenggara dan Tengah .
3 . Ras Negroid,Mendiami Benua
Afrika,kemudian menyebar ke Benua Amerika .
4 . Ras Australoid,penduduk asli
Australia,dengan penduduk Eropa.
5 . Ras
Indian Amerika,Orang Eksimo di pesisir utama Benua Amerika .
BAB 5
MAHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM ALAMI
A
.Populasi dan Komunitas Mahluk Hidup
Ciri-ciri Biologi suatu
populasi :
| Mempunyai
struktur dan organisasi tertentu,yang sifatnya ada yang konstan ada pula yang berfluktuasi
dengan berjalannya waktu ( umur ) .
| Ontogenetik,mempunyai
sejarah kehidupan ( lahir,tumbuh,berdiferensiasi,menjadi tua dan mati ) .
| Dapat
dikenai dampak lingkungan dan memberikan respon terhadap lingkungan .
| Mempunyai
Hereditas .
| Terintegrasi
oleh kator-faktor herediter ( genetik ) .
B .
Berbagai Bentuk Ekosistem Alami
Ekosistem merupakan,sistem di
alam ( seperti ekologi )dimana didalamnya terjadi interaksi antara organisme
dengan organisme lainnya juga dengan lingkungannya .
Ekosistem
perairan dengan habitat air tawar,disebut juga alam limnobiotik,kajiannya dengan segala aspek fisik,kimia,geologi
dan biologi disebut limnologi .
Ekosistem
Laut,menempati 70 % dari permukaan bumi,dan semua aspek organisme laut seperti
fisiokimiawi,geologi dan biologi dikaji dalam oseanografi.
Ekosistem
Air Payau,merupakan ekosistem tertutup yang berhubungan bebas dengan laut
terbuka,sehingga dipengaruhi oleh pasang surut dan juga merupakan zona transisi atau ekoton .
Ekosistem
terestial,merupakan lingkungan hidup yang menjadi tempat utama adalah daratan
dan berbeda dengan ekosistemperairan karena memiliki sifat khusus,diantaranya
adalah kelembapan udara,dan suhu yang bervariasi diberbagai tempat.
C .
Aliran Energi dan Materi Dalam Ekosistem Alami
Energenetika merupakan,adanya
hubungan/interaksi antar organisme,organisme dengan lingkungan menyebabkan
adanya aliran energi dalam sistem itu atau dengan kata lainnya adalah proses
pemindahan energi di alam.
D .
Macam-macam Bentuk Pola Kehidupan
Pola kehidupan
adalah suatu komunitas pada suatu lingkungan hidup atau habitat yang mempunyai
karakteristik komunitas tumbuhan dan komunitas hewan tertentu .
BAB 6
SUMBERDAYA ALAM DAN LINGKUNGAN
Sumberdaya
Alam ( Natural resources ) adalah
segala sesuatu yang ada dilingkungan kita,yaitu semua yag dibutuhkan oleh
manusia untuk kelangsungan hidupnya,yang terbentuk karena proses alam
Sumberdaya Alam merupakan unsur dari lingkungan hidup .
1 .
Klasifikasi Sumberdaya Alam
Berdasarkan sifatnya
sumberdaya alam dikelompokan menjadi :
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image009.gif)
![]() |
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image011.gif)
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image011.gif)
![]() |
|||
![]() |
|||
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image014.gif)
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image015.gif)
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image016.gif)
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image009.gif)
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image017.gif)
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image018.gif)
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image018.gif)
![](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image019.gif)
Dapat
Di Perbaharui Tidak Dapat Dapat Di Gunakan Tidak dapat
digunakan
2 . Lingkungan Hidup
Semua hal yang ada disekitar manusia dan sistem hubungannya dengan
mahluk lain yang salin mempengaruhi.Lingkungan hidup meliputi ruang dan semua
materi,energi,keadaan/waktu serta keanekaragaman mahluk hidup,termasuk manusia
dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan mahluk
hidup lainnya .
3 .
Ekologi dan Lingkungan
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hunbungan timbal balik
antara mahluk hidup dengan lingkungannya.Sedangkan ilmu lingkungan
mengintegrasikan berbagai ilmu yang mempelajari materi,energi,ruang,waktu dan
keanekaragaman.Sehingga dikatakan Ekologi sebagai dasar ilmu lingkungan yang
merupakan ilmu terapan .
B .
Konsep-konsep Pengelolaan Sumberdaya Alam
Pengelolaan
sumberdaya alam ditunjukkan untuk mencapai kelestarian kualitas lingkungan dan
menjamin adanya kelestarian hasil,berarti menjalin hubungan yang harmonis
antara kebutuhan hidup manusia dengan sumberdaya alam .
C .
Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Pertambahan jumlah
penduduk dipengaruhi oleh jumlah kelahiran ( natalitas ) yang lebih besar dari jumlah kematian ( mortalitas ).Selain itu juga dipengaruhi
oleh migrasi dan juga perpindahan
penduduk yang meninggalkan suatu negara pindah ke negara lainnya Emigrasi.Imigrasi adalah perpindahan penduduk dari luar masuk ke suatu
negara tertentu .
Aspek kependudukan di Indonesia yang perlu dicermati adalah
Ë Jumlah
penduduknya besar
Ë Pertambahannya
pesat
Ë Persebarannya
tidak merata
Ë Terbatasnya
penyediaan tenaga kerja
Dari
segi ekologi peranan manusia terhadap lingkungannya
F Manusia
sebagai mahluk dominan secara ekologi
F Manusia
merupakan mahluk penyebab evolusi organik
F Manusia
mengambil semua yang ada dilingkungannya
F Mahluk
pembuat alat alat sesuai dengan perkembangan IPTEK .
F Manusia
membuang semua kotoran kelingkungannnya,sehingga mencemari .
D .
Pelestarian Sumbedaya Alam dan Lingkungannya
Dalam ekosistenm ada kekuatan
yang berlawanan sehingga akan membentuk keseimbangan .
1 . Etika Lingkungan
Etika ini didasari oleh penalaran ekologi yang menyangkut
kepentingan hubungan timball balik antara mahluk hidup dengan
lingkungannya.Tujuan etika ini adalah untuk menciptakan hubungan timbal balik
antara manusia dengan lingkungannya agar terjadi suatu hubungan yang harmonis .
Kriteria untuk menentukan suatu daerah
menjadi cagar alam adalah :
T Keanekaragamannya
harus vesar dan khas,makin khas dan makin luas ekosistemnya makin tinggi nilai
keanekaragamannya .
T Memiliki
sifat khas yang tidak dimiliki disembarang tempat .
T Harus
mewakili tata lingkungan tertentu,misalnya hutan subtropis kering .
T Daerah cagar
alam baik biotik maupun ekosistemnya masih asli berarti belum mengalami
perubahan .
T Cagar
alam harus dipilih dengan tepat agar memiliki efektifitas pengelolaan yang
tinggi .
BAB 7
ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
A . Sejarah
Peradaban Manusia dan Perkembangan Teknologi
Dimulai pada zaman
batu,yaitu antara 4 juta tahun yang lalu SM sampai kira-kira 20.000 atau 10.000
tahun SM.Adapun bahan-bahan yang ditemukan pada zaman tersebut adalah :
![*](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/OWNER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
B . IPA
Sebagai Dasar Pengembangan Teknologi
IPA,merupakan ilmu yang
mebahas dan mempelajari alam semesta dan segala isinya,sedangkan teknologi IPA
adalah suatu penerapan IPA untuk memenuhi kebutuhan manusia.Secara
umumTeknologi dapat dibagi menjadi 3 :
À Teknologi Maju,Teknologi
tingkat pertama yang berusaha mengarah pada bidang pendidikan .
À Tenologi Adaptif,penggunaannya
masih harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan negara yang membutuhkan .
À Teknologi Protektif,Digunakan
untuk melindungi ( konservasi,restorasi dan regenerasi ) segenap sumberdaya
alam yang ada .
BAB 8
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
A . Bioteknologi
Merupakan salah satu bbidang
IPTEK yang menjadi pusat perhatian para ilmuwan,industriawan,pelaku bisnis
maupun politikus terutama yang berkaitan dengan kebijakan pengembangannya .
1 . Sejarah Perkembangan Bioteknologi
Dimulai sejak digunakannya mikroorganisme untuk menghasilkan prodik
yang bermanfaat bagi manusia.
Perkembangan Bioteknologi
semakin pesat sejalan dengan perkembangan rekayasa genetika pada pertengahan
tahun 70-an,terutama dengan ditemukannya cara mencangkokkan sepotong informasi
genetik asing ke dalam mikroba.
2 . Rekayasa Genetika
Bioteknologi merupakan satu teknologi yang menggunakan dan
memanfaatkan sistem hayati untuk mendapatkan bahan dan jasa yang berguna untuk
kesejahteraan manusia.
B . Teknologi Informasi
1
. Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi
Komputer pertama kali ditemukan oleh pegawai biro sensus AS,Herman Hollerith,1890,dia disebut bapak
komputer modern berkat penemuannya berupa mesin Punched Card .
2
. Generasi Komputer
Û Generasi
I ( 1945-1958 )
Û Generasi
II ( 1959-1966 )
Û Generasi
III ( 1966-1972 )
Û Generasi
IV ( 1972-1978 )
Û Generasi
V ( 1979-sekarang )
3 . Aplikasi Teknologi Informasi
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk
menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri
dari perangkat keras hardware,perangkat
lunak software,dan brainware .
BAB 9
PENCEMARAN LINGKUNGAN
A . Pencemaran Air
Penyimpangan sifat-sifat air dari keadaan normal,tidal lagi sesuai
sifat-sifat kemurniannya.Adanya benda-benda asing yang mengakibatkan air
tersebut tidak dapat lagi digunakan sesuai peruntukannya secara normal disebut
pencemaran .
1 . Aspek Kimia-Fisika Pencemaran Air
a ) . Nilai
pH,Keasaman dan Alkalinitas
Nilai pH air yang normal adalah sekitar
netral,yaitu pH antara 6-8,sedangkan air yang tercemar,nilai pH nya tergantung jenis pencemarannya ( limbahnya
).Air segar dari pegunungan biasanya mempunyai pH lebih tinggi,semakin lama pH
air akan menurun menuju kondisi asam.Hal ini karena bertambahnya bahan-bahan
organik yang membebaskan CO2 bila mengalami proses penguraian .
b ) . Suhu
Naiknya suhu air akan menimbulkan
menurunnya jumlah oksigen terlarut dalam air,meningkatkan kecepatan reaksi
kimia,mengganggu kehidupan ikan dan satwa air lainnya,yang bila batas suhu yang
mematikan terlampaui,ikan dan hewan lainnya akan mungkin juga mati .
c ) . Oksigen Terlarut
Oksigen adalah gas tak berbau,tak
berasa dan hanya sedikit larut dalam air.Kehidupan dalam air akan dapat
bertahan bila terdapat oksigen terlarut minimal sebanya 5 ppm ( 5 mg oksigen
untuk setiap liter air ).Selebihnya tergantung kepada ketahanan
organisme,derajat keaktifannya,kehadiran bahan pencemar,suhu air.
d ) . Carbon dioksida Dalam Air
Kepekatan oksigen terlarut dalam
air tergantung kepada kepekatan carbon dioksida yang ada.Bila udara bersentuhan
dengan permukaan air,maka carbon dioksida dari udara bertukar dengan yang ada
didalam air .
e ) . Warna dan Kekeruhan
Warna air yang terdapat di alam
sangat bervariasi,misalnya air di rawa-rawa bewarna kuning,coklat atau hijau .
Kekeruhan terjadi karena,adanya
lumpur,tanah liat dan benda lain yang melayang atau terapung dan sangat halus sekali.Semakin
keruh air,semakin tinggi daya hantar listriknya dan semakin banyak pila
padatannya.
f ) .
Padatan
Padatan di dalam air akan mengendap pada
dasar air,yang lambat laun akan menimbulkan pendangkalan pada sungai.Akibat
lain dari padatan adalah tumbuhnya tanaman air tertentu dan menjadi racun bagi
mahluk hidup lainnya.
g ) .
Nitrat
Nitrogen sebgagai sumber Nitrat banyak
terdpat di udara.Hanya sedikit organisme yang dapat langsung memanfaatkan
nitogen udara.Tumbuhandapat mengisap Nitrogen dalam bentuk Nitrat ( NO3 )
.
h ) .
Phosphor
Protein dan zat-zat organik lainnya
mengandung Phosphor.Herbivora yang makan tumbuhan akan mendapatkan phosphor.Kotoran
sisa metabolisme hidup dimana akhirnya bakteri menguraikan senyawa organik ini
menjadi phosphor.
2 .
Aspek Biokimia Pencemaran
{ Biochemical
Oxygen Demand ( BOD )
{ Chemical
Oxygen Demand ( COD )
3 .
Bahan Pencemar Lainnya
{ Merkuri
( Hg )
{ Timbal (
Pb )
B .
Pencemaran Udara
Pencemaran udara di artikan
sebagai adanya bahan atau zat asing di dalam udara yang menyebabkan perubahan
susunan ( komposisi ) udara normalnya.
1 .
Komponen Pencemaran Udara
a . Pencemaran Udara Primer,Di golongkan menjadi 5 kelompok
Ë Carbon
Monoksida ( CO )
Ë Nitrogen
Oksida ( Nox )
Ë Hidrocarbon
( HC )
Ë Sulfur
Oksida ( SOx )
Ë Partikel
b . Pencemaran
Udara Sekunder
Semua pencemaran di udara
yang sudah berubah karena reaksi tertentu antara 2 atau lebih polutan.Umumnya
polutan sekunder tersebut merupakan hasil antara polutan primer dengan polutan
lain yang ada di udara.
2 .
Nilai Ambang Bebas
Di
artikan sebagai pembatas aman suatu polutan agar kualitas udara masih tetap
terlindung.
C . Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah dapat terjadi secara langsung,misalnya penggunaan
pupuk secara berlebihan,pemberian pestisida dan insektisida dan pembuanagn
limbah yang tidak dapat di uraikan ( seperti plastik ) .
Penanganan sampah untuk mencegah
pencemaran,misalnya dengan cara :
T Penimbunan
( dumping )
T Landfill
( pengisian tanah )
T Pencacahan
( grinding )
T Pengkomposan
( composting )
T Pembakaran
( Incineration )
T Pirolis
D . Isu
Lingkungan Global
Masalah lingkungan yang
menjadikan isu global antara lain pemanasan global,lubang ozon dan hujan asam.
1 . Pemanasan Global
À Gas Rumah Kaca ( GRK )
Masa tinggal GRK di atmosfer mempengaruhi
efektivitasnya dalam meningkatkan suhu muka bumi.Semakin panjang masa tinggal
gas di atmosfer,semakin efektiv pengaruhnya terhadap kenaikan suhu bumi.
À Efek Rumah Kaca ( ERK )
Di sebut juga Green House Effect,dengan meningkatnya GRK di atmosfer,diluar kemampuan untuk
absorbsi,maka suhu permukaan bumi akan lebih tinggi.Kenaikan intensitas ERK
akibat peninngkatan kadar GRK,terutama di akibatkan adanya pencemaran
udara,akan mengakibatkan tejadinya pemanasan global,yaitu peningkatan suhu
permukaan bumi dan kenaikan permukaan air laut.
À Fenomena El Nino dan La Lina
Gejala yang terjaadi karena adanya interaksi
atmosfer dan laut yang aktifitanya terletak pada daerah 1200 BT –
1800 BT dan 50LU – 100LS.
El Nino merupakan fase panas,sedangkan El Nina
adalah fase dingin.
2 . Lubang Ozon
Di lapisan sratosfer terdapat
ozon ( O3 ) yang menlindungi kegiatan dimuka bumi dari sinar
ultraviolet bergelombang pendek dan berenergi tinggi.
Ozon
Berfungsi melindungi mahluk
hidup dimuka bumi dari sinar ultraviolet matahari,sedangkan ozon dalam lapisan
troposfer mempunyai dampak lain terhadap mahluk hidup dimuka bumi,walaupun
susunan kimianya sama.
Chlorofluorocarbon ( CFC )
CFC
adalah segolongan zat kimia yang terdiri dari 3 unsur,yaitu Chlor ( CI ),
Fluor ( F ) dan Carbon ( C) .CFC
tidak dijumpai di alam,merupakan zat hasil rekayasa manusia,tidak beracun,tidak
mudah terbakar dan sangat stabil karena tidak mudah bereaksi.
3 . Hujan Asam
Pembakaran bahan bakar fosil mengakibatkan terbentuknya asam sulfat dan
asam nitrat.Asam-asam ini dapat dideposisikan pada hutan,tanaman
pertanian,danau dan gedung,sehingga mengakibatkan kerusakan dankematian
oganisme.Kerusakan menjadi lebih parah dengan terbentuknya ozon yang beracun
dari pencemaran NOX .
Untuk mengurangi kerugian tersebut,perlu dilakukan sebagai usaha,antara
lain :
Ø Menggunakan bahan bakar dengan kadar belerang
yang rendah
Ø Mengurangi
kadar belerang dalam bahan bakar sebelum dibakar
Ø Melakukan
penghematan energi
4 .
Depososisi Asam
Sebenarnya istilah hujan asam
kurang tepat,yang lebih tepat sebenarnya dikomposisi asam.Namun karena istilah
hujan asam sudah sangat populer,maka untuk selanjutnya istilah tersebut tetap
digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar